Dosis Vaksin Ayam Bangkok

Pemberian dosis vaksin ayam Bangkok harus tepat. Dosis yang berlebihan juga berdampak buruk pada kesehatan ayam Bangkok. Pemberian vaksin ini penting dilakukan untuk menghindarkan kemungkinan penyakit yang menyerang. Tujuan dari pemberian vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam. Ayam Bangkok tidak seperti Ayam Joper yang tahan dalam jenis penyakit tertentu. Jadi harus ayam bangkok wajibdiberi vaksin.

Pemberian Dosis Vaksin Ayam Bangkok yang Benar

dosis vaksin ayam arab

Pada ayam dewasa pemberian vaksin harus dilakukan secara berkala setiap 4 hingga 6 bulan sekali. Sedangkan, pada ayam yang masih kecil pemberian vaksin dilakukan lebih  rapat jarak intervalnya jika dibandingkan dengan ayam dewasa.

Vaksin diberikan pada ayam sejak umur 1 minggu. Vaksin yang disuntikkan harus secara berkala dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Apabila dosis vaksin sampai berlebih akan berdampak buruk, bahkan bisa bekerja menjadi racun atau toksin.

Antibodi ayam akan bekerja dengan baik dalam membasmi bibit penyakit jika pemberian vaksin secara berkala dengan dosis yang sesuai. Dalam menanggulangi setiap jenis penyakit harus disesuaikan dengan vaksin yang diperlukan. Hal ini dikarenakan setiap vaksin memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Penyuntikan vaksin harus disesuaikan dengan dosis yang dianjurkan. Dalam 1000 dosis vaksin harus dilarutkan dalam 500 cc aquades terlebih dahulu. Sedangkan 500 dosis vaksin harus dilarutkan dalam 250 cc aquades. Dosis vaksin ayam Bangkok yang disuntikkan sekitar 0,5 cc pada otot dada.

Misalkan pada ayam yang sudah ada terserang penyakit NCD, maka jenis vaksin yang cocok diberikan adalah vaksin ND. Ciri dari vaksin tersebut cenderung agak bening seperti warna susu. Penyimpanannya juga perlu diperhatikan pada tingkat suhu ruangan yang rendah dengan tujuan agar organism bekerja baik. Adapun jenis vaksin lain seperti anti flu.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menyuntikkan Vaksin

dosis vaksin ayam arab

Pemberian vaksin harus dilakukan ketika ayam dalam keadaan sehat. Hal ini penting dilakukan karena jika pemberian vaksin ketika ayam dalam kondisi tidak fit, maka antibody tak bekerja dengan baik. Jangan pula mencampurkan beberapa jenis vaksin menjadi satu, hal ini bisa berakibat fatal. Selain itu, pastikan ayam tidak dalam keadaan stress ketika hendak disuntik vaksin.

Lingkungan yang steril dan bersih juga sangat perlu diperhatikan. Sebelum melakukan penyuntikan vaksin bersihkan terlebih dahulu kandang ayam. Tak hanya keadaan kandangnya saja, peralatan yang digunakan untuk penyuntikan vaksin pun harus steril. Jangan lupa dosis yang diberikan menyesuaikan umur ayam. Setiap vaksin terdapat aturan pakai masing-masing.

Artikel ini memberikan pengetahuan seputar dosis vaksin ayam Bangkok. Walaupun sudah mendapatkan pengetahuan, namun perlu memperhatikan dosis yang sesuai dengan aturan pakainya. Jangan lupa menjaga higienitas dan memperhatikan umur ayam agar vaksin memberikan manfaat sebagaimana yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *