Masjid Agung Jawa Tengah dengan Sejarah Peradaban Islam Nusantara

masjid agung jawa tengah

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang berada di Semarang sekilas terlihat seperti masjid Nabawi, dengan adanya payung-payung yang ada di depannya. Masjid ini memiliki beberapa keunikan khusus dan juga memiliki sejarah tersendiri, dan masjid ini juga merupakan satu-satunya masjid yang berada di Indonesia yang melakukan pengumuman kemerdekaan Indonesia begitu Soekarno sebagai presiden pertama memproklamirkan kemerdekaan RI.

Dengan begitu, masjid ini termasuk masjid bersejarah bagi sejarah bangsa Indonesia. dengan segala macam kelebihan, keunikan dan kemegahan arsitekturnya. Bagi yang merasa ingin sekali mengunjungi masjid termegah di Indonesia dan merasakan keunikannya, sebelumnya haruslah mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dulu mengenai semua yang berkaitan dengan masjid ini.

Sejarah Masjid Agung Jawa Tengah

Dari sejarahnya, masjid yang berada di lahan seluas 119 hektar ini juga memiliki keunikan dari sejarah yang terbentuk. Masjid yang dibangun diatas tanah wakaf Ki Ageng Panandaran II ini, memiliki sejarah mengenai surat kepemilikan tanah. Dimana kepemilikan ini diakui oleh lebih dari satu orang yang mengakibatkan adanya tukar guling yang dilakukan beberapa perusahaan besar multinasional dan ditukar pada investor asing.

Pada akhirnya, permasalahan ini berhasil diselesaikan kepemilikannya dan tanahnya tidak jadi pindah ke orang lain. Lalu setelah itu, pada tahun 2002 Masjid Agung Jawa Tengah ini mulai dibangun dan diresmikan pada tahun 2006.

masjid agung jawa tengah

Sehingga masjid ini memang dikenal sebagai pengganti dari masjid sebelumnya yang melakukan tukar guling tersebut, yaitu masjid besar Kauman Semarang yang telah diperjuangkan untuk bisa dikembalikan tanah wakaf dari masjid besar tersebut.

Dan pada tahun 2001, pihak pemerintah melalui gubernur Jawa Tengah langsung turun tangan untuk persiapan pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah Jawa Tengah ini dengan membentuk sebuah tim koordinasi. Bahkan, pemasangan tiang pancang pun dihadiri oleh duta besar dari 7 negara sahabat, yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Kuwait, Palestina, Abu Dhabi dan Mesir. Sebagai Negara-negara Islam yang mendukung pembangunan masjid ini.

Setelah dibangun, masjid ini diresmikan oleh salah satu presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2016.

Lokasi Masjid Agung Jawa Tengah

alamat masjid agung jawa tengah

Lokasi dari Masjid Agung Jawa Tengah ini berada di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari Semarang. Keunggulan dari posisi masjid ini adalah terletak tidak jauh dari gedung-gedung pemerintahan di pusat kota Semarang.

Museum Wisata Religi

Masjid yang memiliki banyak kelebihan memang sudah sewajarnya sering dijadikan tempat wisata religi. Apalagi masjid tersebut memiliki keindahan yang bisa dinikmati para pengunjung selain sebagai tempat ibadah.

Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki banyak keunikan yang bisa dijadikan nilai jual untuk sebuah obyek wisata. Selain memiliki museum, masjid ini juga memiliki perpustakaan yang bisa dijadikan spot untuk diskusi berbagai macam buku ataupun menceritakan sejarah masjid ini.

Sedangkan, untuk wisata religi pengunjung juga bertujuan untuk menikmati kemegahan arsitektur masjid tersebut. Karena selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga menjadi pusat pendidikan dan syiar Islam serta wisata religi. Sebagai bukti masjid ini juga merupakan tempat wisata religi dengan adanya penginapan yang disediakan untuk pengunjung.

Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah

arsitektur masjid agung jawa tengah

Sebuah masjid memang memiliki ciri khas arsitektur tersendiri, dan salah satunya adalah bentuk kemegahannya. Masjid Agung Jawa Tengah ini merupakan masjid yang paling megah di Indonesia, berdesain gaya campuran arsitektur Jawa, Islam dan Romawi oleh seorang seorang arsitek Ir. H Ahmad Fanani.

Dengan enam payung hidrolik raksasa yang terdapat di bagian depan masjid yang bisa terbuka dan tertutup otomatis. Itu merupakan salah satu ciri yang menjadi keunikan masjid ini, serta membuat tampilan masjid semakin terlihat mewah dan anggun yang juga memang diadaptasi dari masjid Nabawi. Dengan ketinggian payung setinggi 20 meter dan diameternya 14 meter.

Payung tersebut baru akan dibuka dan dimanfaatkan pada saat dilakukan salat Jumat, salat Idul Fitri dan Idul Adha. Namun, ada ketentuannya jika angin yang berhembus tidak lebih dari 200 knot. Ditambah lagi yang menjadi daya tarik pada masjid ini adalah menara bernama Asmaul Husna.

Uniknya, menara ini memiliki ketinggian 99 meter. Sesuai dengan jumlah banyaknya nama-nama di Asmaul Husna. Di puncak menara, Anda bisa melihat dan merasakan langsung megahnya masjid ini dari puncak ketinggian.

Memiliki sebanyak 25 pilar bergaya romawi di bagian pelataran masjid, yaitu gaya koloseum Athena Romawi dan ditambah hiasan kaligrafi indah. Jumlah pilar ini bukan hanya aksesoris saja, melainkan sebagai simbol untuk menunjukkan jumlah nabi dan rasul yang umat Islam yakini. Pada gerbang terdapat tulisan kalimat syahadat dengan tulisan arab Melayu.

Dari segi arsitektur, megahnya masjid Agung di Jawa Tengah ini merupakan masjid megah yang mampu menampung hingga kurang lebih 15 ribu orang jamaah yang hanya berada di dalam bangunan. Sedangkan, bagian area luar atau eksterior seperti halaman luar pun masih bisa menampung hingga 10 ribu orang jamaah.

Selain itu masjid ini mempunyai kubah setengah bola yang bewarna putih mengkilat, bila malam hari kubah ini akan disorot oleh lampu terang yang membuat kubah masjid tersebut dapat terlihat dari seputaran kota semarang. Namun sayangnya belum ada informasi tentang harga kubah masjid agung jawa tengah tersebut.

Mungkin setelah ini akan banyak masjid masjid lain yang mengikuti gaya arsitektur dari masjid agung jawa tengah ini, karena design yang simple namun elegan membuat masjid ini mempunyai daya tarik yang tinggi untuk dikunjungi.

Fasilitas Masjid Agung Jawa Tengah

Sebagai masjid termegah, orang yang membangun dan mendirikannya pastilah tidak lupa  menyediakan fasilitas yang mendukung dan dibutuhkan. Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki sejumlah fasilitas pendukung, baik sebagai tempat ibadah, tempat pendidikan maupun tempat wisata religi. Adapun fasilitas yang tersedia di masjid ini adalah:

1. Menara Asmaul Husna

menara asmaul husna masjid agung jawa tengah

Di area menara Asmaul Husna ini terbagi-bagi menjadi dua lantai yaitu lantai pertama untuk studio radio dan pemancar TV untuk sebuah stasiun TV yang dimiliki masjid tersebut yaitu MAJT TV. Sedangkan lantai 2 untuk museum.

Lalu di lantai 19 dibuat gardu pandang untuk kota Semarang, serta tempat rukyat. Di tempat MAJT pun terdapat Al-Quran raksasa dengan ukuran 145 x 95 cm persegi, yang ditulis tangan oleh Drs. Khayatudin. Serta bedug raksasa berukuran panjangnya 310 meter dan diameternya 220 meter.

2. Perpustakaan

Berfungsi untuk tempat koleksi buku-buku yang ada di masjid ini, terutama sejarah mengenai masjid ini.

3. Auditorium

Ruangan yang diperuntukkan bagi acara-acara atau kegiatan yang diadakan di masjid ini.

4. Ruang Akad nikah

Sebagaimana biasanya, masjid digunakan untuk melakukan pernikahan. Maka masjid ini menyediakan ruangan khusus untuk akad nikah.

5. Museum

museum masjid agung jawa tengah

Masjid ini juga memiliki fungsi sebagai museum, yang antara lain koleksinya adalah mengenai perkembangan Islam.

6. Kafe

Di sekitar masjid juga terdapat kafe-kafe kecil, yang berada di dekat menara, atau disebut juga rumah makan berputar 360 derajat yang ada di lantai 18 menara

7. Penginapan

Bahkan, di tempat ini juga difasilitasi sebuah penginapan untuk pengunjung dan peziarah, yang menyediakan kapasitas kamar sebanyak 23 kamar dengan masing-masing kelas.

Itulah tadi semua informasi yang kami rangkum dari berbagai website seperti website milik Qoobah. Anda sudah mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan sebelum mengunjunginya langsung, artinya Anda sudah siap untuk datang ke Masjid Agung Jawa Tengah untuk benar-benar bisa menikmati kemegahannya sekaligus mengakui keagungan Tuhan.

Oleh karena itu, jika Anda sudah yakin bahwa masjid ini memang benar-benar sangat perlu untuk didatangi sebagai pengetahuan maupun hiburan sebagai ajang rekreasi maka segera putuskan untuk mempersiapkan untuk mengunjungi masjid tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *