Ukuran Panjang Lapangan Bulu Tangkis Tunggal | Internasional | BWF | Lengkap

panjang lapangan bulu tangkis

Ukuran Panjang Lapangan Bulu Tangkis Menurut BWF – Bulu tangkis termasuk salah satu cabang olahraga yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena cabang olahraga ini selalu menjadi primadona, dianak emaskan yang senantiasa menyumbangkan emas bagi Indonesia di setiap event kompetisi bulu tangkis regional maupun internasional.

Misalkan pada Olimpiade, Sea Games, Asian Games, Turnamen Bulu Tangkis Championship Open dan lain sebagainya.

Jumlah penggemar olahraga bulu tangkis yang disebut pula badminton cukup besar di tanah air. Baik di kota maupun di pedesaan terpencil. Mengingat olahraga badminton sangat menyehatkan sekaligus mampu menghibur diri di waktu luang. Namun untuk memainkan permainan bulu tangkis tidaklah sembarangan.

Diperlukan beberapa ketentuan dan peraturan yang harus dipenuhi sesuai standar yang berlaku. Salah satunya ukuran panjang lapangan bulu tangkis yang harus sesuai standar nasional dan internasional.

Peraturan Panjang Lapangan Bulu Tangkis Internasional

panjang lapangan bulu tangkis

Permainan badminton dapat dilakukan minimal oleh dua orang dan maksimal empat orang. Untuk pertandingan bulu tangkis secara tunggal putra dan putri maka diperlukan dua pemain yang saling berhadapan.

Sedangkan untuk permainan bulu tangkis secara beregu diperlukan empat pemain. Dimana dalam satu tim ada dua pemain. Baik pertandingan bulu tangkis beregu maupun tunggal akan sama sama mengasyikkan dan seru tak kalah dengan permainan olahraga sepakbola dan bola voli.

Adapun alat yang dipergunakan untuk bermain badminton adalah shuttlecock, net dan raket. Jika dilihat permainan olahraga bulu tangkis memiliki kemiripan dengan olahraga tenis.

Sesuai standar jenis lapangan yang dipergunakan adalah lapangan non rumput yang berada di dalam gedung. Cara bermain bulu tangkis dengan melemparkan kok menggunakan raket ke arah daerah lawan hingga masuk ke lapangan.

Anda tentu ingat dengan Alan Budikusumah, Susi Susanti, Candra Sigit, Joko Supriyanto, Icuk Sugiarto, Rudi Hartono, Ricky dan Rexy Mainaki, Mia Audina, Taufik Hidayat, Kartika dan pebulu tangkis hebat lainnya asal Indonesia. Mereka terkenal berkat kepiawaian dalam bermain badminton hingga meraih juara di berbagai turnamen bulu tangkis regional dan internasional.

Permainan badminton sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang diakui oleh seluruh dunia dan telah dipertandingkan di berbagai event resmi dan acara besar. Kesuksesan olahraga ini yang selalu menyumbangkan emas bagi negara Indonesia di ajang Sea Games, AsianGames dan Olimpiade ini membuat popularitas olahraga bulu tangkis sangat pesat di Indonesia.

Banyak klub olahraga bulu tangkis yang tersebar di berbagai daerah yang tumbuh subur. Anggaran pemerintah untuk biaya pembinaan atlet bulu tangkis yang berprestasi terus ditingkatkan setiap tahun.

Panjang Lapangan Bulu Tangkis

panjang lapangan bulu tangkis

Berdasarkan ketentuan badan BWF yang menaungi kompetisi badminton di seluruh dunia, ukuran panjang lapangan bulu tangkis standar internasional maupun nasional untuk kategori permainan tunggal putri dan putra adalah 13,4 meter. Untuk lebar ukuran lapangan sebesar 5,18 meter.

Tinggi net bulu tangkis beserta tiangnya adalah 1,55 meter. Sedangkan ukuran lebar lapangan bulu tangkis untuk kategori beregu putri, putra dan campuran menurut BWF adalah 6,1 meter. Dengan panjang lapangan 13,4 meter.

Dari sinilah jelas bahwa peraturan bulu tangkis dalam segi ukuran lapangan sudah ditentukan. Anda bisa mengecek sendiri apakah lapangan badminton yang anda gunakan sudah sesuai standar BWF atau belum. Pastikan ukuran lapangan sesuai dengan ketentuan BWF yang menaungi olahraga ini.

Sehingga pertandingan atau kompetisi bulu tangkis level internasional, nasional maupun lokal dianggap sah berdasarkan ketentuan ini. Adapun ukuran panjang lapangan bulu tangkis mini tidak sesuai standar nasional dan internasional. Sehingga tidak bisa dipergunakan untuk ajang pertandingan resmi di tingat nasional maupun internasional.

Selain ukuran lapangan bulu tangkis yang harus sesuai standar. Shuttlekok dan raket juga harus sesuai standar internasional dan nasional pula. Untuk jenis raket yang sesuai standar BWF adalah memiliki bobot yang cukup ringan.

Untuk memainkan olahraga ini sangat gampang. Anda bisa mengajak salah seorang teman anda untuk bermain bulu tangkis secara perorangan atau tunggal. Dan anda baru memenangkan permainan bulu tangkis jika sudah mencapai angka 21 point.

Nama Penemu dan Sejarah Olahraga Bulu Tangkis di Indonesia

panjang lapangan bulu tangkis

Berdasarkan catatan sejarah tidak diketahui dengan pasti nama penemu olahraga badminton atau bulu tangkis. Namun berdasarkan historis, permainan badminton asal usulnya dari negara India. Di negeri ini permainan bulu tangkis dikenal sebagai olahraga Poona. Kemudian olahraga bulu tangkis menyebar ke negara Inggris.

Dan di negara inilah perkembangan permainan bulu tangkis meningkat pesat. Tahun 1873, olahraga bulu tangkis dipertandingkan secara resmi di Istana Duke de Beaufort di daerah Badminton Gloucestershire. Inilah cikal bakal penyebutan olahraga bulu tangkis sebagai olahraga badminton.

Di negara Inggris, peraturan bulu tangkis dibuat  beserta teknis permainan sedetail dan semenarik mungkin. Kemudian didirikan Persatuan Olahraga Badminton di negara tersebut. Yang merembet pada pembentukan International Badminton Federation (IBF) pada 5 Juli 1934 oleh negara Selandia Baru, Belanda, Irlandia, Prancis, Denmark, Kanada, Wales, Skotlandia dan Inggris.

Di badan internasional yang mengurusi soal badminton ini secara rutin diadakan kejuaraan bulu tangkis beregu putra yang dinamakan Thomas Cup. Untuk kejuaraan beregu putri dinamakan Uber Cup. Dan untuk beregu campuran diadakan Sudirman Cup.

Untuk sejarah olahraga bulu tangkis di Indonesia dimulai pada tahun 1951. Dimana pada tanggal 5 Mei 1951 dibentuklah wadah bagi para penggemar badminton yakni Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia disingkat PBSI. Di tahun 1953, PBSI telah resmi jadi bagian dari IBF. Sehingga bisa mengikuti berbagai kejuaraan bulu tangkis yang diadakan di tingkat regional dan internasional.

Peraturan Bulu Tangkis

Walaupun popularitas olahraga bulu tangkis tidak sepopuler olahraga sepakbola, para penggemar permainan bulu tangkis sangat besar jumlahnya di Indonesia dan dunia. Mereka menyukai permainan bulu tangkis atas dasar hobi terhadap olahraga bulu tangkis yang menyenangkan dan membuat badan sehat.

Namun ada lagi mereka yang bermain bulu tangkis atas dasar prestasi. Yang menjadi ciri khas olahraga ini adalah penggunaan kok yang terbuat dari bulu angsa. Saat ini kekuatan olahraga bulu tangkis dikuasai oleh negara China, Korea Selatan, Malaysia, Indonesia, Denmark, Jepang, Inggris, India dan Thailand.

Peraturan permainan bulu tangkis berubah-ubah sesuai perkembangan jaman untuk lebih sempurna lagi. Ada banyak peraturan dalam melakukan olahraga bulu tangkis. Seperti olahraga ini dapat dimainkan secara ganda atau tunggal. Untuk jumlah set pertandingan sebanyak tiga set. Yang mana pemenang pertandingan di setiap set ditentukan ia yang mencapai skor 21 point.

Dalam setiap permainan atau olahraga mempunyai peraturan tersendiri. Begitupula dalam olahraga bulu tangkis. Ada beberapa aturan dalam olahraga bulu tangkis. Berikut ini beberapa peraturan dalam olahraga bulu tangkis, antara lain :

1.Sebelum memulai pertandingan badminton sang wasit hendaknya melemparkan koin untuk menentukan bagi pemenang dalam memilih sisi lapangan atau service pertama

2.Setiap selesai satu set pertandingan bulu tangkis maka pemain harus berpindah tempat

3.Kesalahan terjadi apabila kok menyentuh pemain, menyentuh dinding, tak melewati net, bergerak di bawah net, atau jatuh di luar lapangan. Yang berarti point buat lawan.

Demikianlah ukuran panjang lapangan bulu tangkis menurut BWF beserta sejarah dan peraturan bulu tangkis. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi para pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *