Implikasi : Pengertian, Contoh, Jenis, Perbedaan

Implikasi : Pengertian, Contoh, Jenis, Perbedaan

Implikasi bukanlah istilah yang biasa kita gunakan dalam bahasa sehari-hari. Karena implikasi biasa digunakan dalam pengerjaan ilmiah seperti dalam pembuatan laporan penelitian maupun yang berhubungan dengan kajian tentang suatu hal. Namun tidak jarang kita mendengar istilah implikasi dalam kehidupan sehari-hari yang biasanya dikaitkan dengan suatu akibat atau dampak dari sesuatu.

Pengertian Implikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Implikasi Menurut Para Ahli

Dalam KBBI implikasi memiliki arti suatu keterlibatan yang tidak dinyatakan dengan jelas (tersirat). Sedangkan secara umum, implikasi memiliki makna suatu akibat yang dari suatu objek yang telah diberikan perlakuan secara sengaja maupun tidak sengaja. 

Dampaknya baru dapat dilihat dengan jangka waktu tertentu. Dilihat dari makna tersebut, tentu istilah implikasi lebih cocok diucapkan pada suatu hasil laporan penelitian. Selain dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan secara umum, para ahli juga memiliki pernyataan sendiri mengenai pengertian implikasi, yaitu sebagai berikut.

Menurut Winarno

Implikasi harus bisa memperhitungkan sebuah kebijakan yang mempunyai sifat dimensi pada masalah beberapa orang yang terlibat. Dimensi yang dimaksud adalah :

  1. Implikasi kebijakan terhadap berbagai masalah publik dan implikasi orang-orang yang terlibat.
  2. Pada kebijakan, implikasi pada keadaan atau kelompok di luar sasaran atau tujuan kebijakan tertentu.
  3. Memungkinkan kebijakan memiliki implikasi pada keadaan saat ini atau masa yang akan mendatang.
  4. Sebuah evaluasi yang menyangkut unsur lain seperti biaya langsung yang dikeluarkan untuk membiayai beberapa program kebijakan publik.
  5. Sebuah evaluasi yang menyangkut unsur lain seperti biaya tidak langsung biasanya ditanggung oleh seluruh masyarakat atau beberapa anggota masyarakat saja yang diakibatkan oleh adanya kebijakan publik.

Menurut Islamy

Selain Winarno, Islamy juga menyatakan pendapat bahwa implikasi merupakan acuan sesuatu yang dihasilkan dengan melalui proses dari perumusan sehingga ada konsekuensi-konsekuensi yang dapat ditimbulkan oleh perumusan atau kebijakan tertentu.

Menurut Silalahi

Implikasi merupakan suatu akibat yang ditimbulkan oleh adanya penerapan suatu program yang bersifat baik atau tidak terhadap beberapa pihak yang menjadi sasaran pelaksanaan program atau kebijakan itu sendiri.

Beberapa kata yang memiliki makna sama dengan implikasi adalah efek, asosiasi, sangkutan, akibat, konotasi, sugesti, dampak, dan siratan. Namun, setiap kata tersebut memiliki penggunaannya masing-masing. Misalnya belum tentu kata implikasi cocok diganti dengan kata sugesti atau konotasi.

Contoh Implikasi

Contoh Implikasi

Berikut beberapa contoh penggunaan istilah implikasi yang dapat digunakan dan penting untuk dipelajari.

1. Penggunaan Istilah Implikasi Globalisasi

Implikasi globalisasi merupakan tindakan yang terjadi pada suatu negara yang memberikan definisi terbatas. Sehingga, dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif dari wilayah tertentu dengan menerima kemajuan globalisasi namun berdampak buruk untuk wilayah tertentu. Contoh bisa dilihat dari bidang konsumsi produk lokal, semakin banyaknya toko swalayan atau supermarket yang berdiri di suatu wilayah dan dapat mendominasi tempat tradisional seperti pasar.

2. Penggunaan Istilah Implikasi Kepemimpinan

Implikasi kepemimpinan merupakan sebuah tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas atau mencapai suatu tujuan dalam perusahaan atau hanya sekedar organisasi.

Maka dari itu, untuk meningkatkan kualitas dan mencapai suatu tujuan yang lebih tinggi harus bersikap sebagai seorang pemimpin. Sebagai seorang leader, harus memiliki visi dan misi agar mampu memberi dorongan yang positif kepada para anggota yang ada dibawahnya baik dalam suatu perusahaan atau dalam berorganisasi.

3. Penggunaan Istilah Implikasi Budaya

Implikasi budaya merupakan sebuah bentuk tindakan yang positif dalam menutup diri atau bisa juga sikap keterbukaan dengan menunjukkan suatu perubahan atau perbedaan. Oleh karena itu, lebih baik dilakukan perbedaan budaya yang positif antar individu maupun antar golongan. Namun dalam perbedaan tersebut, harus sesuai dengan kepribadian diri sendiri atau suatu golongan agar tidak merasa merugi atau dirugikan.

4. Penggunaan Istilah Implikasi Etika

Implikasi etika merupakan sebuah tindakan yang diajarkan semenjak di usia dini sehingga menjadi kebiasaan yang dilakukan secara terus-menerus dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di tengah kehidupan masyarakat.

Dengan begitu, etika dapat dilakukan dari tindakan yang sudah biasa diterapkan dengan baik karena mampu memberikan dorongan yang sangat besar dalam kehidupan seseorang.

Beberapa Jenis Implikasi

Beberapa Jenis Implikasi

Ada tiga jenis implikasi yang digunakan dalam penelitian, karena istilah ini memang cocok digunakan dalam hasil penelitian. Tiga jenis tersebut adalah :

1. Jenis Implikasi Metodologi

Jenis implikasi metodologi merupakan pembahasan mengenai cara untuk melakukan teori-teori yang digunakan dalam suatu penelitian. Sehingga, dalam jenis ini memiliki banyak menggunakan metode dalam penelitiannya.

Dengan implikasi metodologi, bisa lebih refleksi terhadap hasil penelitian itu. Karena, dalam menyelesaikan penelitian para peneliti memiliki cara penyelesaian dengan ciri khas masing-masing.

2. Jenis Implikasi Manajerial

Jenis implikasi manajerial merupakan suatu pembahasan mengenai bagian akhir laporan atau biasa disebut dengan kesimpulan. Sehingga, dapat menarik inti secara menyeluruh dari proses dalam penelitian serta isi lainnya yang ada di laporan hasil penelitian.

3. Jenis Implikasi Teoritis

Jenis implikasi teoritis merupakan sebuah hasil penelitian yang mengaitkan gambaran-gambaran dalam proses penelitian guna menguatkan hasil dari penelitian yang dibuat.

Dengan menyajikan hasil penelitian seperti itu, dapat memudahkan peneliti untuk menjabarkan lebih jelas ilmu pengetahuan yang disampaikan kepada pembaca. Implikasi dengan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan manfaat dalam manajemen, yaitu :

  • Implikasi prosedural yang berarti analisis dari perencanaan kerja dengan menggunakan kebijakan.
  • Implikasi yang bersifat substantif merupakan suatu rencana atau perumusan.

Perbedaan Antara Implikasi dengan Kata Lain

Perbedaan Antara Implikasi dengan Kata Lain

Ternyata, ada beberapa perbedaan antara implikasi dengan kata lainnya yang seperti memiliki arti sama. Misalnya saja, dampak. Lalu, ada juga perbedaan dari kata implikasi dengan rekomendasi yang kerap muncul pada suatu kasus. Berikut ulasannya.

Perbedaan Implikasi dengan Dampak

Tidak sedikit orang yang bingung membedakan antara dampak dengan implikasi ketika membicarakan tentang konsekuensi atau efek dari suatu hal. Padahal sudah jelas bahwa dampak mengacu pada pengaruh utama, sedangkan implikasi mengacu pada konsekuensi yang masih kemungkinan terjadi.

Perbedaan utama dari dua istilah tersebut adalah dampak selalu terlihat langsung dan jelas, sedangkan implikasi bisa jelas bisa juga tidak jelas atau bisa disebut tidak pasti. Dampak itu sendiri memiliki dua arti, yaitu bisa merujuk kepada pengaruh yang besar atau kuat. Arti kedua dampak tindakan satu benda yang secara paksa dihubungkan dengan yang lain.

Perbedaan Implikasi dengan Rekomendasi

Dalam perbedaan ini, implikasi dan rekomendasi memiliki keterkaitan. Implikasi yang merupakan pernyataan tentang konsekuensi alamiah dari suatu hal. Setelah mendapat implikasi dari situasi atau kebijakan tertentu maka sangat dibutuhkan suatu solusi dalam permasalahan yang muncul pada implikasi.

Namun, tidak hanya sembarang solusi yang ditampung oleh banyak orang dengan bebas. Bisa dikumpulkan solusi sebanyak-banyaknya dari siapapun, namun harus diseleksi lagi solusi yang terbaik dengan cara meminta rekomendasi dari orang yang ahli tentang masalah tersebut.

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian istilah implikasi beserta contoh dan jenisnya. Sehingga pembaca dapat menggunakan istilah-istilah dalam bahasa indonesia dengan baik dan benar. Untuk menghindari kesalahan penggunaan istilah dalam bahasa juga sudah dituliskan mengenai perbedaan implikasi dengan kata lain yang merupakan sinonimnya tetapi memiliki makna yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *