Pengertian Literatur dan Penjelasan Jenis Jenisnya

Pengertian Literatur dan Jenis Jenisnya

Istilah literatur tentu sudah tidak asing lagi. Istilah ini biasanya muncul pada karya ilmiah atau buku. Literatur tidak hanya berbentuk tulisan, namun juga dapat berbentuk rekaman, kaset, film dan lainnya untuk menyalurkan suatu informasi. Jadi, literatur tidak hanya berbentuk bacaan, namun bisa berbentuk dokumen.

Pengertian Literatur

Literatur adalah suatu sumber atau referensi dalam berbagai aktivitas di dunia pendidikan atau pada aktivitas yang lainnya. Istilah ini juga bisa diartikan sebagai sebuah rujukan yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertentu.

Dalam bahasa Inggris, istilah ini disebut dengan “literature” yang berarti suatu karya sastra yang dapat berbentuk drama, puisi serta novel. Sedangkan menurut ALA Glozary of Library and Information Science, literatur merupakan suatu bahan bacaan yang bisa dipakai dalam berbagai macam aktivitas yang formal maupun informal.

Jenis Literatur Berdasarkan Lokasi Penempatan Koleksi

Jenis Literatur Berdasarkan Lokasi Penempatan Koleksi

Berikut ini merupakan beberapa jenis literatur yang mungkin akan sering ditemukan. Baik di toko buku, internet, maupun perpustakaan.

Koleksi Umum

Jenis literatur ini terdiri dari beberapa macam buku yang diciptakan untuk kalangan dewasa. Pada umumnya, jenis literatur ini ditempatkan di rak yang terbuka serta bebas digunakan oleh siapapun. Contoh bukunya adalah novel, serial komik, dan buku mengenai budidaya tanaman.

Koleksi Referensi

Jenis literatur koleksi merupakan literasi yang isinya mengenai sekumpulan informasi yang diciptakan untuk menjawab segala macam pertanyaan yang dimiliki penggunanya. Contoh buku referensi adalah kamus, pedoman, dan ensiklopedia.

Jenis Literatur Berdasarkan Sifatnya

Jenis Literatur Berdasarkan Sifatnya

Selain dari lokasi serta tempat ditemukannya, literatur juga dibedakan menjadi beberapa klasifikasi. Adapun pengelompokan tersebut berkaitan dengan sifatnya.

Dokumen Tekstual

Literatur dengan dokumen tekstual merupakan sebuah literatur yang isinya beberapa macam teks yang tertulis sehingga para pengguna dapat membacanya dengan mudah.

Dokumen Non-Tekstual

Literatur dengan dokumen non-tekstual merupakan literatur yang memberikan isi mengenai informasi yang dituangkan tidak berupa tulisan, namun berbentuk foto, gambar, dan rekaman.

Dokumen Campuran

Literatur dengan dokumen campuran merupakan literatur yang berisi gabungan antara dua literatur lainnya dari sifat ini, yaitu literatur tekstual dan non-tekstual. Jadi isinya setelah literatur tekstual ditambahkan dengan literatur non-tekstual untuk lebih memperjelas dan mempertegas bacaan yang dimaksudkan oleh pencipta.

Jenis Literatur Berdasarkan Tingkat Kedalaman Analisis

Jenis Literatur Berdasarkan Tingkat Kedalaman Analisis

Masing-masing literatur memiliki tingkat kedalaman analisis. Hal ini dipengaruhi oleh latar belakang penulis, lama penelitian untuk menulis, dan berbagai faktor lain. Berikut adalah pembagiannya.

Literatur Primer

Literatur primer merupakan literatur yang membuatnya dari hasil penelitian, namun belum pernah diterbitkan sama sekali. Jenis literatur ini biasanya berisi bermacam-macam gagasan serta berbagai macam teori disiplin ilmu pengetahuan.

Ciri-cirinya :

  1. Seluruh isinya masih orisinil dan masih dari sumber pertama tanpa adanya perubahan.
  2. Merupakan bentuk dari pendataan dan suatu penerapan sebuah gagasan maupun penemuan baru.
  3. Dapat berupa karya tulis ilmiah untuk memperoleh gelar doktor di suatu universitas.

Literatur Sekunder

Literatur sekunder merupakan literatur yang membuat dengan sedikit mengutip dari hasil yang ada pada literatur primer. Biasanya, literatur sekunder berisi mengenai beberapa teori yang sudah pernah ditemukan sebelumnya, sehingga nyaris tidak menunjukkan temuan-temuan yang benar-benar baru.

Ciri-cirinya :

  1. Tidak berasal dari tangan langsung pembuatnya.
  2. Referensinya dari kutipan literatur primer yang dimodifikasi.
  3. Seluruh informasinya berhubungan dengan dokumen primer.
  4. Isinya lebih informatif karena banyak berisi dari dokumen lain.

Literatur Tersier

Literatur tersier merupakan literatur yang isinya banyak macam informasi berupa petunjuk agar bisa mendapatkan literatur sekunder. Contoh dari literatur ini adalah direktori dari direktori, beberapa bibliografi dari bibliografi serta banyak referensi lain.

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian literatur dan jenis-jenis literatur. Dengan informasi yang sudah dituliskan diharapkan para pembaca bisa membedakan antara jenis literatur. Dan dengan begitu para pembaca bisa lebih tahu sekilas mengenai literatur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *