Shalawat Fatih

Shalawat Fatih

Shalawat fatih merupakan salah satu macam shalawat yang sering sekali dibaca oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Shalawat sendiri merupakan salah satu ibadah pada Allah Ta’ala, dengan melantunkan puji-pujian terhadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bagaimana lafadz dan manfaatnya? Simak ulasan berikut Selangkapnya.

Sekilas Tentang Shalawat Fatih

Shalawat Fatih

Secara istilah, shalawat merupakan cara umat untuk memberikan doa kepada Rasul beserta keluarganya supaya selalu dilimpahi berkah dan kesejahteraan. Shalawat yang satu ini memiliki beragam manfaat. Salah satu yang paling utama ialah agar umat bisa memperoleh syafaat Rasulullah di akhirat kelak.

Di dalam Al-Qur’an, Surah al-Ahzab: 56, Allah Ta’ala berfirman sebagaimana berikut:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Dari sejumlah bacaan shalawat, shalawat fatih menjadi salah satu shalawat yang cukup populer. Shalawat ini merupakan karya dari Al-‘Arif al-Kabir Sayyid Muhammad al-Bakri. Menurut penuturannya, shalawat ini bisa membantu meringankan dosa hingga mempermudah jalan masuk ke surga.

Berikut lafadz latin shalawat fatih:

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadinil Fātihi limā ughliqa, wal khātimi limā sabaqa, wan nāshiril haqqā bil haqqi, wal hādī ilā shirātin mustaqīm (ada yang baca ‘shirātikal mustaqīm’). Shallallāhu ‘alayhi, wa ‘alā ālihī, wa ashhābihī haqqa qadrihī wa miqdārihil ‘azhīm.

Maknanya:

“Ya Allah, limpahkan rahmat, salam, serta keberkahan atas junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, yang mampu membuka segala yang terkunci, menutupi segala yang telah lalu, penolong yang haq dengan jalan yang haq, serta petunjuk ke arah jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepadanya, keluarga serta para sahabatnya dengan kedudukannya yang agung.”

Manfaat Shalawat fatih

Shalawat Fatih

Lafal dari shalawat fatih sebagaimana disebutkan di atas dikutip dari sebuah Kitab Perukunan Melayu. Di dalam kitab tersebut terdapat sebuah kutipan dari Syekh Al-Arif Al-Kubra, beliau menyebutkan ada beberapa khasiat atau keutamaan saat melantunkan shalawat fatih. Berikut diantaranya.

1.Dijauhkan dari api neraka

Shalawat Fatih

Syekh Al-Arif Al-Kubra menuturkan, “Barang siapa membaca shalawat ini seumur hidupnya sekali, niscaya ia dipelihara Allah Ta‘ala dari api neraka dan mewajibkan baginya husnul khatimah,” (Perukunan Melayu, halaman 52 [Jakarta, Al-‘Aidrus: tanpa tahun]).

2. Memberikan ketenangan

Shalawat Fatih

Fadhilah atau manfaat dari shalawat fatih selanjutnya ialah mampu memberikan ketenangan batin dan menghilangkan perasaan gelisah, resah maupun gundah yang ada di dalam dada. Ketika merasa sangat sedih, merasakan beban yang begitu berat dan merasa merana, sejumlah ulama menyarankan agar membaca shalawat fatih dengan merutinkannya. InsyaAllah ketenangan hati akan bisa diperoleh.

3. Memudahkan Turunnya Hidayah

Shalawat Fatih

Keutamaan selanjutnya dari shalawat fatih ialah memudahkan hidayah dari Allah SWT turun di hati seseorang. Siapapun yang membaca shalawat ini dengan niatan memohon hidayah, maka akan ia dapati hidayah tersebut dan membuat tenang hidupnya.

4. Memberikan Kebahagiaan Hidup di Dunia maupun di Akhirat

Shalawat Fatih

Dalam kitab karyanya yang berjudul “Kitab Rahasia Keutamaan dan Keistimewaan Shalawat”, KH Nur Muh Kafadi menyebut ada beberapa keistimewaan dari shlawat fatih.

Jika dibaca satu kali setiap hari secara rutin, akan dijamin hidup dengan bahagia di dunia maupun akhirat. Selain itu, juga bisa menghapuskan dosa-dosa yang diperbuat di masa lalu.

5. Mendapatkan Pahala Berlipat

Shalawat Fatih

Ketika dibaca rutin sekali setiap hari, pahala yang didapatkan senilai dengan pahala ibadah seluurh makhluk hidup di alam semesta hingga 6000 kali lipat. Selain itu, pahalanya juga menyamai pahala shalawat yang dilantunkan oleh semua makhluk hidup dari mula diciptakan hingga saat ini hingga 600 kali lipat. Serta masih banyak keistimewaan yang lainnya.

Demikian tadi informasi menarik tentang shalawat fatih dan keutamaannya. Semoga bisa memberikan wawasan tentang shalawat fatih kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapat manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *